" PESONA TIMUR TENGAH DI KAMPUNG ARAB AL- MUNAWAR"



Ini adalah kedua kalinya saya menginjakkan kaki ke kampung al munawar yang berlokasi di daerah 13 ulu palembang. Untuk menuju ke kampung ini kita bisa  menggunakan fasilitas kendaraan perahu kecil  atau getek  dari dermaga dibawah jembatan ampera sungai musi yang ditempuh lebih kurang 20 menit  menyusuri pinggiran sungai musi. 
Wahhh… begitu tiba didermaga yang persis bersebelahan dengan masjid al munawar , saya langsung terpesona  dengan nuansa timur tengah disepanjang jalan menuju kampung ini .
Terlihat bangunan- bangunan rumah tempo dulu yang berjejer rapi berada di kampung arab al munawar ini , yang akan membawa anda kepada pemandangan kehangatan warga dan suasana timur tengah dengan corak arsitektur eropa .
Terdapat rumah-rumah panggung yang terbuat dari kayu –kayu unglen yang berusia ratusan tahun , selain itu ada juga sekolahan bernuansa islami tempat anak-anak belajar di sekitar kampung.
Kampung al munawar ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di palembang , kampung arab menjadi sorotan masyarakat setempat maupun luar kota .
Area kampung arab ini memiliki delapan rumah yang menjadi cagar budaya, enam rumah berada di area depan  mengelilingi lapangan luas ,  kemudian dua rumah lagi berada dibelakang menghadap sungai musi .
Keunikan masing-masing bangunan ini dikarenakan usia bangunan rumah sudah sangat tua  mencapai lebih hingga 250 tahun loh...
Seolah digiring masuk dalam suasana arabian  , kampung ini memang kental sekali dengan nuansa islami .
Nah jika berkunjung kesini jangan lupa untuk membeli cemilan khas dari arab , kue ka'aq....kue dengan aroma rasa rempah ini sangat sulit loh untuk didapatkan di toko-toko kue....selain kue khas dari kampung arab, jangan lupa juga bagi anda penikmat kopi untuk mencicipi kopi khas dari kampung al munawar ini....

Dan saat berkunjung kesini akan semakin lengkap dengan beberapa view yang disediakan untuk berselfie ria....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

virgo si wanita istimewa

WISATA RELIGI KE MUSEUM BAYT AL QUR'AN AL AKBAR

MERANTAU